God Is My Judge
Reward and Bridge

Hosted by NeoCities

Radius Penumpang Halte Temanbus di Denpasar

18 Sep 2021

Saya baru kenal pada ada pelayanan bus yang baru di kota Denpasar, Bali, yaitu kota kedudukan saya.

Terus, aku penasaran apakah sistem ini bisa jadi cara baik untuk bawa kendaraan umum di Bali.

Untuk jadi sistem efektif, sistem bus harus punya beberapa halte yang cukup dekat supaya banyak orang bisa jalan dengan muda ke halte itu. Berarti, rumah orang (atau destinasi orang) harus cukup dekat ke halte bus. Kalau halte terlalu jauh, orang tidak sering mau pakai bus untuk jalan ke tempat.

Bagaimana kita bisa tahu jarak apa yang cukup singkat? Ya, itu terserah keadaan, namun jarak yang sering dipakai adalah 400m. Kenapa 400m yang digunakan untuk jarak ini? Karena kebanyakan orang bisa senang jalan kaki selama 400m, kalau ada halte bus di tempat itu, tetapi kalau jaraknya lebih dari 400m orang menjadi tidak seru berjalan begitu jauh.

Di bawa ini ada peta Google Maps dengan lingkaran ber-radius 400m di sekitar setiap halte bus dari empat rute yang dilayan oleh TemanBus.

Tekan disini untuk buka Google Maps.

Lingkaran untuk jalan kaki 400m adalah dalam warna kuning. Aku juga isi lingkaran untuk orang bersepeda yang ber-radius 1km, yaitu berwarna biru.

Jadi, apakah TemanBus bisa jadi opsi baik untuk kendaraan di Denpasar? Ya, aku bukan perencana kota, tapi antara saya ini hal yang sangat menarik. Semoga kalian juga tertarik dengan info ini. Atas keberhasilan TemanBus dalam masa depan, kita harus lihat dulu dan berharap.